Selasa, 18 November 2014



BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar belakang masalah
Asia Tengah telah lama menjadi wilayah perdagangan antara Tiongkok dan masyarakat Barat, dengan Jalur Sutra melewati wilayah ini dan menjamurnya banyak kerajaan di sini.
Pada lima abad terakhir, kebanyakan wilayah ini perlahan-lahan dijajah oleh Kekaisaran Rusia dan Kerajaan Tiongkok, sedangkan Britania Raya menduduki India di bagian selatan Asia Tengah.
Orang pertama dikenal memiliki diduduki Asia Tengah adalah Iran perantau yang tiba dari padang rumput utara yang sekarang Uzbekistan kira pada milenium pertama SM Pada saat ini, kota-kota seperti Bukhoro (Bukhara) dan Samarkand (Samarkand) mulai muncul sebagai pusat pemerintahan dan budaya. Dengan abad kelima SM, negara-negara Bactrian, Soghdian, dan Tokharian mendominasi wilayah tersebut. Seperti Cina mulai mengembangkan perdagangan sutra dengan Barat, kota-kota Iran mengambil keuntungan dari perdagangan ini dengan menjadi pusat perdagangan.
Menggunakan jaringan luas kota dan permukiman di provinsi Mawannahr (nama yang diberikan wilayah tersebut setelah kemenangan Islam) di Uzbekistan dan lebih jauh ke timur pada yang sekarang Cina Xinjiang Uygur Autonomous Region, perantara Soghdian menjadi terkaya dari pedagang Iran. Karena perdagangan diatas dia di kenal dengan Silk Route, Bukhoro dan Samarqand akhirnya menjadi kota yang sangat kaya, dan pada waktu Mawannahr adalah salah satu provinsi Persia yang paling berpengaruh dan kuat dari jaman dahulu. Agama dominan sampai abad ke-6 di wilayah itu Zoroastrianisme, tapi agama Buddha, dan Kristen juga menarik sejumlah besar pengikut.
Kekayaan Mawannahr adalah magnet konstan untuk invasi dari stepa utara dan dari Cina. Perang intraregional yang banyak terjadi Soghdian dan negara-negara lain di Mawannahr, dan Persia dan orang China di dalam peperangan abadi di wilayah tersebut. Alexander Agung menaklukkan wilayah itu dalam 328 SM, membawanya secara singkat di bawah kendali Kekaisaran Macedonia nya.

B.     Rumusan masalah
·         Bagaimana sejarah perkembangan islam di asia tengah
·         Negara-negara islam di asia tengah

C.       Tujuan
·         Mahasiswa dapat mengetahui sejarah perkembangan islam di asia tengah
·         Mahasiswa dapat mengetahui bangsa-bangsa islam di asia tengah



BAB II
PEMBAHASAN
A.     PERKEMBANGAN ISLAM DI ASIA TENGAH
Pembukaan Asia Tengah dan pelaksanaan Islam selesai pada abad kedelapan, dan dibawa ke wilayah keyakinan baru dan budaya yang sampai sekarang terus menjadi dominan. Kaum Muslim pertama kali memasuki Mawannahr di tengah abad ketujuh melalui serangan selama penaklukan mereka dari Persia. Para Soghdians dan rakyat Iran lainnya di Asia Tengah tidak dapat mempertahankan tanah mereka melawan Khilafah karena perpecahan internal dan kurangnya kepemimpinan adat yang kuat. Kaum Muslim, di sisi lain, dipimpin oleh seorang jenderal brilian, Qutaybah bin Muslim, dan sangat termotivasi oleh keinginan untuk menyebarkan ideologi Islam. Karena faktor ini, dan kekuatan aqidah Islam dan sifat Syariah, populasi Mawannahr dengan mudah dibebaskan.
Cara hidup yang baru yang dibawa oleh umat Islam tersebar di seluruh wilayah. Budaya asli digantikan pada abad berikutnya sebagai Islam dibentuk orang-orang menjadi umat tunggal - umat Islam. Namun nasib Asia Tengah sebagai daerah Islam tegas didirikan oleh (Khalifah Abu'l-Abbas) kemenangan Khilafah atas tentara Cina pada tahun 750 dalam pertempuran di Sungai Talas. Di bawah pemerintahan Islam, Asia Tengah merupakan pusat penting kebudayaan dan perdagangan selama berabad-abad. Bahasa pemerintah, sastra, dan perdagangan, awalnya Persia menjadi bahasa Arab (namun sebagai kekhalifahan Abbasiyah mulai melemah dan Arab menjadi terabaikan, bahasa Persia mulai mendapatkan kembali unggulan perannya di wilayah tersebut sebagai bahasa sastra dan pemerintah) . Mawannahr terus menjadi pemain politik yang penting dalam urusan regional. Selama puncak Kekhalifahan Abbasiyah di kedelapan dan abad kesembilan, Asia Tengah dan Mawannahr mengalami usia yang benar-benar emas. Bukhoro menjadi salah satu pusat terkemuka pembelajaran, budaya, dan seni di dunia Muslim, kemegahan menyaingi pusat kebudayaan kontemporer seperti Baghdad, Kairo, dan Cordoba. Beberapa sejarawan terbesar, ilmuwan, dan ahli geografi dalam sejarah kebudayaan Islam adalah penduduk asli dari daerah, dan salah satu salinan dari Noble Quran aslinya dibuat pada masa Khalifah Utsman disimpan di Tashkent.
Situasi spiritual dan politik baru Islam di Asia Tengah menetapkan kemajuan teknologi dan budaya baru. Ini menandai produksi kertas Samarkand (sejak abad ke-8 di bawah pengaruh Cina rakyat Samarkand belajar untuk memproduksi kertas dari kain), yang menggantikan papirus dan perkamen di negara-negara Islam pada akhir abad ke-10. Selanjutnya para ilmuwan yang adalah warga negara dari Khilafah seperti al-Khorezmi, Beruni, Farabi, Abu Ali ibn Sino (Avicenna) membawa ketenaran ke daerah di seluruh dunia, menghasilkan rasa hormat di seluruh dunia, dan prestasi ilmiah zaman ini membuat dampak yang besar pada ilmu pengetahuan Eropa (itu sudah cukup untuk menyebutkan tabel astronomi dari para astronom Samarkand dari Ulughbek observatorium). Selama era relatif damai kekuasaan Islam, budaya dan seni berkembang di Asia Tengah. Jizyah diberlakukan bagi semua orang yang menolak untuk menerima Islam dan sejarawan Yahudi Benjamin dari Tudela dicatat selama perjalanannya di 1170 keberadaan komunitas Yahudi berjumlah 50.000 di Samarkand di dekatnya.
B. NEGARA-NEGARA ISLAM DI ASIA TENGAH
1.MONGOLIA
Ada beberapa versi mengenai asal usul bangsa Mongol, dalam buku Ensiklopedi Islam disebutkan Mongol adalah sebuah bangsa yang berasal dari pedalaman Siberian yang datang dari arah utara menuju ke wilayah Mongolia. Mereka menamakan dirinya sendiri sebagai “putra srigala berbulu hijau” dan sebagai “rusa tak bertanduk”, dan kehidupan mereka ibarat kehidupan binatang[4]. Dalam versi lain dikatakan Bangsa Mongol berasal dari daerah pegunungan Mongolia yang membentang dari Asia Tengah sampai ke Siberia Utara, Tibet Selatan dan Manchuria Barat serta Turkistan Timur. Nenek moyang mereka bernama Alanja Khan, yang mempunyai dua putera kembar, Tatar dan Mongol. Kedua putera itu melahirkan dua suku bangsa besar, Mongol dan Tartar.

Dalam rentang waktu yang sangat panjang, kehidupan bangsa Mongol tetap sederhana. Mereka mendirikan kemah-kemah dan berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain, menggembala kambing dan hidup dari hasil buruan. Mereka juga hidup dari hasil perdagangan tradisional, yaitu mempertukarkan kulit binatang dengan binatang yang lain, baik di antara sesama mereka maupun dengan hangsa Turki dan China yang menjadi tetangga mereka. Sebagaimana umumnya bangsa nomad, orang-orang Mongol mempunyai watak yang kasar, suka berperang, dan berani menghadang maut dalam mencapai keinginannya. Akan tetapi, mereka sangat patuh kepada pemimpinnya. Mereka menganut agama Syamaniah (Syamanism), menyembah bintang-bintang, dan sujud kepada matahari yang sedang terbit.

Runtuhnya bangsa mongol
Ratusan ribu mayat tanpa kepala berserakan dan tumpang tindih memenuhi jalan-jalan, parit-parit dan lapangan-lapangan. Di sekitarnya bangunan-bangunan megah dan indah banyak yang tinggal puing-puing dan rerontokan. Asap masih mengepul dari bangunan-bangunan yang dibakar. Tentara dari pangkat rendah sampai tinggi sibuk memenggal kepala ribuan manusia dan kemudian memisahkan kepala yang terpisah dari tubuhnya itu menurut kelompok: kepala wanita, anak-anak, orang tua, dipisahkan satu dari yang lain. Sungai Dajlah atau Tigris berubah menjadi hitam disebabkan tinta ribuan manuskrip yang dilempar ke dalamnya. Perpustakaan, rumah sakit, mesjid, madrasah, tempat pemandian dan rumah para bangsawan, toko dan rumah makan –semuanya dihancurkan.

Demikianlah, kota yang selama beberapa abad menjadi pusat terbesar peradaban Islam itupun musnah dalam sekejap mata. Setelah puas, pasukan penakluk itupun bersiap-siap pergi tanpa penyesalan sedikitpun. Mereka kini hanya sibuk mengumpulkan barang-barang jarahan yang berharga: timbunan perhiasan yang tak ternilai harganya, berkilo-kilo batangan emas dan uang dinar, batu permata, intan berlian – semua dimasukkan ke dalam ratusan karung dan kemudian diangkut dalam iringan gerobak dan kereta yang sangat panjang.

Jatuhnya kota Baghdad pada tahun 1258 M ke tangan bangsa Mongol bukan saja mengakhiri khilafah Abbasiyah di sana, tetapi juga merupakan awal dari masa kemunduran politik dan peradaban Islam, karena Baghdad sebagai pusat kebudayaan dan peradaban Islam yang sangat kaya dengan khazanah ilmu pengetahuan itu ikut pula lenyap dibumihanguskan oleh pasukan Mongol yang dipimpin Hulagu Khan tersebut.

Di antara catatan sejarah mengenai kebiadaban orang-orang Mongol ialah catatan sejarawan terkemuka Ibnu ‘Athir (w. 1231 M) dan ahli Geografi Yaqut al-Hamawi (w.1229 ). Menurut mereka, tokoh-tokoh muslim terkemuka, amir, panglima perang, tabib, ulama, budayawan, ilmuan, cendekiawan, ahli ekonomi dan politik, serta saudagar kaya – tewas dalam keadaan mengenaskan. Kepala mereka dipenggal, dipisahkan dari badan, karena khawatir ada yang masih hidup dan berpura-pura mati.
Latar Belakang Penyerbuan ke Wilayah Muslim
Pada tahun 1255, Hulagu dikirim oleh saudaranya Mongke, The Great Khan (1251-1258) untuk menaklukan wilayah yang dikuasai kaum muslimin di Timur Tengah, dan memerintahkan kepadanya agar tidak menghancurkan setiap daerah yang menyerah tetapi sebaliknya membumihanguskan setiap daerah yang memberikan perlawanan.

Hulagu merencanakan akan menaklukkan wilayah muslim
Lurs (di daerah Iran), kemudian menumpas sekte Hashashin, menaklukkan kekhalifahan Abbasiyyah di Baghdad, menaklukkan kekhalifahan Ayyubi di Syria dan terakhir menundukkan kekhalifahan Mameluk di Mesir.

Ada beberapa faktor yang sangat mempengaruhi mengapa Hulagu sangat bernafsu menaklukkan wilayah muslim dan kejam setiap kali dia berhasil menguasainya, yaitu : Ibu Hulagu, istri dan sahabat dekatnya,
Kitbuqa termasuk kristen fanatik yang memendam kebencian mendalam terhadap orang Islam. Juga para penasehatnya banyak yang berasal dari Persia yang memang berharap dapat membalas dendam atas kekalahan mereka satu abad sebelumnya ketika persia ditaklukan oleh pasukan muslim pada masa Khalifah Umar bin Khattab.

Kekaisaran Mongol Pasca Jengis khan dan Pengaruhnya dalam Perkembangan Islam
Pada saat kondisi fisiknya mulai lemah, Jengis khan membagi wilayah kekuasaannya menjadi empat bagian kepada empat orang putranya, yaitu Juchi, Chagathai, Ogotai, dan Tuli. Dari keempat orang itu, muncul dinasti-dinasti yang secara langsung berpengaruh dalam memberikan warna dalam perkembangan Islam di semenjung Mongolia. Diantara dinasti-dinasti tersebut ialah Dinasti Chaghatai, Dinasti Golden Horde>, dan Dinasti Ilkhan.
2. RRC
RRC ialah negara terbesar ke-4 di dunia dan dan mencakup daratan yang luas. Di timur, bersama dengan pantai Laut Kuning dan Laut Cina Timur, ditemukan luas dan padat yang ditempati lapangan tanah baru; pesisir Laut Cina Selatan lebih bergunung-gunung dan Cina bagian selatan didominasi daerah berbukit dan jajaran gunung yang lebih rendah. Di bagian tengah timur ditemukan delta 2 sungai utama Cina, Huang He dan Chang Jiang. Sungai-sungai utama lainnya ialah Xi Jiang, Mekong, Brahmaputra dan Amur.

Ke barat, jajaran gunung yang utama, khususnya Himalaya dengan titik tertinggi di Cina Gunung Everest, dan ciri-ciri plato tinggi di antara bentang daratan yang lebih kering dari gurun seperti Takla-Makan dan Gurun Gobi. Sebab kemarau panjang dan barangkali pertanian yang rendah membuat badai debu telah menjadi biasa dalam musim semi di Cina. Menurut Badan Perlindungan Lingkungan Cina, Gurun Gobi telah dikembangkan dan merupakan sumber utama badai debu yang mempengaruhi Cina dan bagian Asia Timur Laut lainnya seperti Korea dan Jepang. Pasir dari kawasan utara telah dilaporkan sampai ke pantai barat Amerika Serikat. Pengurusan air sungai (seperti penbuangan sisa tinja, pencemaran oleh kilang, dan ekstraksi air untuk irigasi dan minuman) dan penyusutan tanah bukit telah mengakibatkan dampak buruk pada negara lain.

Islam di Cina memiliki sejarah yang kaya. Cina memiliki beberapa tertua sejarah Islam , dating kembali sebagai awal 650 , Sa `ad bin Abi Waqqas , dikirim sebagai duta resmi untuk Kaisar Gaozong selama khalifah Utsman s ' era. Sepanjang sejarah Islam di Cina , Cina Muslim telah mempengaruhi jalannya sejarah Cina .
Spoiler for Islam di Negara China:
Menurut 'tradisional legendaris account Cina Muslim, Islam pertama kali dibawa ke Cina oleh kedutaan dikirim oleh Usman , yang ketiga Khalifah , di 651, kurang dari dua puluh tahun setelah kematian nabi Muhammad (SAW). kedutaan tersebut dipimpin oleh Sa `d bin Abi Waqqas , paman ibu dari nabi sendiri. Kaisar Gaozong , para Tang kaisar yang menerima utusan kemudian memerintahkan pembangunan masjid Memorial di Canton , masjid pertama di negara tersebut, di memori nabi.
Puhaddin Mausoleum complex in Yangzhou Puhaddin Makam kompleks di Yangzhou

Sementara sejarawan modern mengatakan bahwa tidak ada bukti untuk Waqqas sendiri pernah datang ke Cina, mereka percaya bahwa Islam diplomat dan pedagang datang ke Tiongkok dalam beberapa dekade dari awal Muslim Era . Tang Dinasti kosmopolitan The budaya, dengan kontak intensif dengan Asia Tengah dan masyarakat yang signifikan dari (awalnya non-Muslim) Pusat dan Barat penduduk di kota-kota Asia pedagang Cina, yang membantu pengenalan Islam. yang besar pertama Muslim permukiman di Cina terdiri dari Arab dan Persia pedagang.
Hari ini i-dus.com bertemakan tentang"Mengintip ISLAM di Negara China. Selama Tang dan terutama Song era, relatif mapan, meskipun agak terpisah, masyarakat Muslim pedagang ada di kota-kota pelabuhan Guangzhou , Quanzhou , dan Hangzhou di tenggara pesisir China, serta interior pusat seperti Chang'an , Kaifeng , dan Yangzhou .
Spoiler for Islam di Negara China:
Istilah Hui berasal dari bahasa Mandarin kata "Huihui," istilah yang pertama kali digunakan dalam Dinasti Yuan untuk menggambarkan Asia Tengah , Persia dan penduduk Arab di China.

Pada masa Dinasti Song , umat Islam telah datang untuk memainkan peran utama dalam impor / ekspor industri. Kantor Dirjen Pengiriman secara konsisten dipegang oleh seorang Muslim selama periode ini. Dalam 1070, Kaisar Song Shenzong mengundang 5.300 pria Muslim dari Bukhara , untuk menetap di Cina dalam rangka untuk menciptakan zona penyangga antara Cina dan Liao kerajaan di timur laut. Mereka dipimpin Pangeran Amir Sayyid "Jadi-fei-er" (nama Cina) yang terkenal sebagai yang disebut " ayah "masyarakat Muslim di Cina. Sebelum dia Islam yang ditunjuk oleh Tang dan Song Cina sebagai fa Dashi ("hukum orang Arab"). Dia nama menjadi Huihui Jiao ("Agama dari Huihui").
3. AFGANISTAN
Afganistan adalah negara Republik di Asia Tengah. Pada tahun 1991, Afganistan berpenduduk 16.922.000 dan 99 % beragama Islam. Bahasa tresminya adalah Pushu, ibukotanya Kabul dan mata uangnya Afgani.
Agama Islam masuk ke Afganistan, yaiti sejak masuknya Asim bin Umar Affamini pada masuk Khalifah Umar bin Khattab. Pada masa Khalifah Usman bin Affan, Islam telah masuk ke Kabul, dan pada tahun 870 M Islam telah mengakar di seluruh negeri Afganistan. Perkembangan Islam di Afganistan selanjutnya berjalan dengan pesat, tidak ada hamnbatan-hambnatan, dengan bukti penduduk Afganistna 99 % beragama Islam.
Agama Islam sangat berpengaruh dalam segala aspek kehidupan mereka dan apabila hal ini terusik, maka mereka akan marah dan terus berjuang untuk mempertahankannya seperti yang kita lihat dalam perjuangan gerliyawan muslim mujahidin menentang pemerintah yang prokomunis. Terjadinya perang saudara di Afganistan disebabkan masuknya pengaruh Amerika dan Uni sofyet (komunis) ke Afganistan.
Pada tahun 1933 muhammad Zahir Syah naik sebagai raja, kemudian Amerika Serikat da Uni Sofyet berusaha menanamkan pengaruhnya. Tahun 1953, Raja Zahir mengangkat Muhammad Daud (kader komunis) sebagai perdana menteri. Melihat keadaan seperti ini, umat Islam menilai bahwa pemerintah Afganistan telah jauh menyimpang dari ajaran Islam. Kemudian umat Islam mulai bergerak, yaitu dengan munculnya organisasi Perjuangan Gabungan Muslim yang bernama ”Juanan Muslim” kemudian pada tahun 1968 berubah nama menjadi Al-Jamiah Al-Islamiyah di bawah pimpinan Burhanudin Rabbani.
Uni Sofyet semakin marah melhat perkembangan Islam itu. Kemudian pada tahun 1972 di bawah pengaruh Uni Sofyet, Muhammad Daud menggantikan Zair. Pada tahun 1978 Daud tewas dibunuh dan diganti oelh Nur Taraki sebagai Presiden. Pada waktu itu,para ulama mengeluarkan fatwa untuk mengutuk dan mengafirkan Taraki dan mewajibkan perang jihad untuk menggulingkannya. Akibatnya timbul perjuangan mujahidin Afganistan. Kemudian pada tahun 1970 Uni Sofyet memasuki Afganistan dengan membawa presiden bonekanya, Babrak Kamal. Perbuatan itu mendapat kutukan internasional, antara lain Presiden Jimmy Carter yang memboikot Olimpiade Moskwa, dan banyak penduduk yang mengungsi ke Pakistan. Perjuangan mujahidin semakin kuat dengan bergabungnya tujuh organisasi menjadi satu dengan nama ”Persatuan Mujahidin Islam Afganistan” denagn tujuan menegakkan kalimat Allah SWT. Memerdekakan negara Afganistan dari kekuasaan kafir dan komunis dengan mendirikan pemerintahan Islam di Afganistan. Sebagai komando tertinggi ialah Abdul Rabbani Rasul Saiyat.
Pada tahun 1987 peperangan memuncak, dengan bantuan senjata dari Amerika dan Inggris, dan berakhir dengan Uni Sofyet menderita kerugian besar. Akhirnya, pada tahun 1989 Uni Sofyet menarik seluruh tentaranya dari Afganistan. Pejuang mujahidin terus melawn pemerintah Najibullah (sejak 1987), karena para ulama mengeluarkan fatwa bahwa rezim tersebut adalah kafir dan mati dalam peperangan melawan rezim adalah mati syahid. Ulama-ulama terkenal yang lahir di Afganistan, Ibnu Hibban Al-Basti (ulama Hadis dan Fiqih: 342 H/952 M), Abu Bakar Ahmad Al-Baihaqi (penulis buku sejarah abad ke-14), dan sebagai penggerak Pan Islamisme (abad 19) di Afganistan bernama Said Jamaluddin Al Afganistan.


PENUTUP

KESIMPULAN
Pembukaan Asia Tengah dan pelaksanaan Islam selesai pada abad kedelapan, dan dibawa ke wilayah keyakinan baru dan budaya yang sampai sekarang terus menjadi dominan. Kaum Muslim pertama kali memasuki Mawannahr di tengah abad ketujuh melalui serangan selama penaklukan mereka dari Persia. Para Soghdians dan rakyat Iran lainnya di Asia Tengah tidak dapat mempertahankan tanah mereka melawan Khilafah karena perpecahan internal dan kurangnya kepemimpinan adat yang kuat. Kaum Muslim, di sisi lain, dipimpin oleh seorang jenderal brilian, Qutaybah bin Muslim, dan sangat termotivasi oleh keinginan untuk menyebarkan ideologi Islam. Karena faktor ini, dan kekuatan aqidah Islam dan sifat Syariah, populasi Mawannahr dengan mudah dibebaskan
Bangsa-bangsa islam di timur tengah  yaitu Mongol adalah sebuah bangsa yang berasal dari pedalaman Siberian yang datang dari arah utara menuju ke wilayah Mongolia. Mereka menamakan dirinya sendiri sebagai “putra srigala berbulu hijau” dan sebagai “rusa tak bertanduk”, dan kehidupan mereka ibarat kehidupan binatang[4]. Dalam versi lain dikatakan Bangsa Mongol berasal dari daerah pegunungan Mongolia yang membentang dari Asia Tengah sampai ke Siberia Utara, Tibet Selatan dan Manchuria Barat serta Turkistan Timur. Nenek moyang mereka bernama Alanja Khan, yang mempunyai dua putera kembar, Tatar dan Mongol. Kedua putera itu melahirkan dua suku bangsa besar, Mongol dan Tartar.RRC ialah negara terbesar ke-4 di dunia dan dan mencakup daratan yang luas. Di timur, bersama dengan pantai Laut Kuning dan Laut Cina Timur, ditemukan luas dan padat yang ditempati lapangan tanah baru; pesisir Laut Cina Selatan lebih bergunung-gunung dan Cina bagian selatan didominasi daerah berbukit dan jajaran gunung yang lebih rendah. Di bagian tengah timur ditemukan delta 2 sungai utama Cina, Huang He dan Chang Jiang. Sungai-sungai utama lainnya ialah Xi Jiang, Mekong, Brahmaputra dan Amur.Afganistan adalah negara Republik di Asia Tengah. Pada tahun 1991, Afganistan berpenduduk 16.922.000 dan 99 % beragama Islam. Bahasa tresminya adalah Pushu, ibukotanya Kabul dan mata uangnya Afganistan.Agama Islam masuk ke Afganistan, yaiti sejak masuknya Asim bin Umar Affamini pada masuk Khalifah Umar bin Khattab. Pada masa Khalifah Usman bin Affan, Islam telah masuk ke Kabul, dan pada tahun 870 M Islam telah mengakar di seluruh negeri Afganistan. Perkembangan Islam di Afganistan selanjutnya berjalan dengan pesat, tidak ada hamnbatan-hambnatan, dengan bukti penduduk Afganistna 99 % beragama Islam.



DAFTAR PUSTAKA


Abdul Karim, M. Islam di Asia Tengah; Sejarah Dinasti Mongol Islam, Bagaskara, Jogyakarta, 2006

Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam, Pustaka Book Publisher, Yogyakarta, 2007

Al Qur’an dan Terjemahnya, Depag

Dewan Redaksi, Ensiklopedi Islam, PT. Ikhtiar Baru van Hoeve, Jakarta, 2005.

Glasse, Cyril, Ensiklopedi Islam, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta, 1999

Tidak ada komentar:

Posting Komentar